Google Adsense Menjadi Tantangan PPC Lokal Indonesia

Diposting oleh fatih on Senin, 09 April 2012

Keberadaan ppc lokal tampaknya akan tergeser oleh google adsense. Seperti kita ketahui, saat ini adsense sudah support bahasa Indonesia dan para pemilik blog lokal dapat menampilkan iklan adsense. Kalau selama ini adsense jarang muncul di situs web berbahasa indonesia maka kini hal itu tak akan terjadi lagi, sebab mulai awal februari 2012 secara resmi google memasukkan bahasa Indonesia dalam daftar bahasa yang support untuk ppc paling bergengsi itu. Langkah ini juga diikuti dengan pembukaan kantor google di Jakarta, yang tidak lain adalah untuk memperkuat pasar google di Indonesia. Para blogger nusantara tentu sangat gembira dengan kehadiran google ini, sebab peluang untuk diterima dalam ppc adsense menjadi lebih terbuka nantinya. Terus bagaimana dengan nasih ppc lokal, apakah blog owner akan mengucapkan selamat tinggal untuk mereka? Tentu tak semudah itu para pemasang ppc lokal pindah haluan, kecuali kalau ppc lokal dirasa sudah tak menghasilkan dan berbau penipuan. Kehadiran google adsense di Indonesia di sisi lain akan menjadi ancaman paling mematikan jika ppc lokal tak mengantisipasi dengan langkah cerdik. Kita ambil contoh IBN yang ngaku punya trust dan sementara ini jadi idola blogger di nusantara. Hemat penulis, IBN tak akan bertahan lama kalau pola perekrutan member masih seperti sekarang. Dalam pandangan penulis mereka terlalu khawatir dalam menerima anggota baru dan cenderung pilah pilih dengan alasan kualitas. Jika hal ini masih dipertahankan maka ada kemungkinan para blogger yang belum jadi member akan lari ke adsense atau ppc lain yang menguntungkan. Kalau bicara mengenai trust partner maka hanya adsense yang pantas menyandang sebutan tersebut, adsense merupakan ppc global yang punya sistem canggih dalam merekrut advertiser dan juga publisher. Mereka tak pernah kehabisan pemasang iklan, selalu menjaga komitmen dan tidak memanipulasi jumlah impression yang sangat merugikan publisher. Google juga tak mendustai jumlah klik atau memberi laporan klik iklan yang merugikan dan pastinya stok iklan di google adsense tak pernah habis. Penulis yakin jika keunggulan dari google adsense bisa ditiru oleh ppc lokal, maka mereka juga akan tetap eksis dan terus mencapai kemajuan. Biarlah para publisher dan advertiser yang akan menilai apakah ppc anda pantas disebut sebagai trust partner atau hanya ppc musiman yang masih harus berjuang menjadi ppc terbaik di indonesia? Mari kita berdoa agar semua ppc bisa berinovasi dan beradaptasi bro

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar